Jumat, 25 Juli 2014

Brasil Jadi "Negara Honda"

Sao Paolo, KompasOtomotif - Prestasi Honda di Indonesia menguasai 60 persen pangsa pasar sepeda motor nasional memang luar biasa. Tapi, dibandingkan dengan Brasil jumlah itu bukan seberapa, karena merek sayap mengepak berhasil mendominasi pasar sampai 81 persen.

Blog lokal Moto Legal, dilansir Autoevolution, Rabu (19/3/2014) menunggah hasil penjualan sepeda motor di Brasil periode 2013 dengan hasil 1,224 juta unit. Meski mendominasi pasar, tapi penjualan Honda turun 6,13 persen dibandingkan tahun sebelumnya 1,304 juta unit.
Penurunan penjualan dialami hampir semua merek, antara lain Yamaha 165.275 unit (turun 3,8 persen), Suzuki 27.092 unit (-21,7 persen), Dafra 25.274 unit (-23,7 persen), dan Kawasaki 9.015 unit (-2,5 persen). Sementara lonjakan justru dialami merek premium, seperti Harley Davidson 7.765 unit naik 13,4 persen dan BMW 7.600 unit (naik 3,39 persen).

Secara total (semua merek) penjualan sepeda motor di Brasil pada 2013 mencapai 1.532.656 juta unit, turun 7,42 persen dari periode sebelumnya 1.224.234 unit.
Read More

Tampil Elegan, Target Daihatsu "Double" di Palembang

Palembang, KompasOtomotif - Kehadiran New Luxio yang diluncurkan 19 Februari, merevisi target penjualan MPV semi bonet itu di Ibu Kota Sumatera Selatan, Palembang. Kepala Cabang dealer Astra International Daihatsu, Fanfan Fadillah mengatakan, terapan desain baru bisa merangsang minat konsumen hingga dua kali lipat.
"Sebelumnya target kita 30 unit setiap bulan, karena sekarang dijadikan sebagai ‘Sahabat Elegan’ (tema penyegaran) kami harap bisa sampai 60-an unit," ujar Fanfan saat presentasi ubahan Luxio di Palembang, Sabtu (8/3/2014).
Di Kota Pempek itu, lanjut Fanfan, Luxio lebih digandrungi sebagai andalan perusahaan wisata, kegiatan bisnis dan perkantoran. Tambahan fitur lebih keren dan stylish dianggap makin cocok dengan tipikal konsumen. "Disini orang senang tampil dengan kendaraan seperti itu," imbuhnya lagi.
SPK
Hingga saat ini, pesanan konsumen Luxio mencapai 11 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) di Palembang. Didapat dari ketiga dealer, Astra International Daihatsu, Encar Daihatsu Palembang, dan Tunas Daihatsu.
Januari lalu, total pasar mobil baru di Sumatera Selatan tercatat 2.138 unit. Daihatsu sendiri kebagian jatah 342 unit yang terdiri dari Ayla 69 unit, Xenia 92 unit, pikap 90 unit, Terios 61 unit, dan Luxio 30 unit. “Kini target kami 550 unit per bulan bersama New Luxio,” tukas Fanfan.
Read More

Kamis, 24 Juli 2014

Konsumsi BBM Honda Verza Tembus 84,5 Kpl

Surabaya, KompasOtomotif – Honda Verza yang digeber dalam Touring Ekspedisi Nusantara Satu Hati untuk Negeri, mencatatkan rekor konsumsi bahan bakar. Ketika melahap rute Bekasi-Purwokerto sejauh 361 km menyusuri Pantura, sepeda motor sport 150ccentry level itu mencatatkan konsumsi BBM 84,5 kpl.

Raihan tersebut diklaim bukan tes irit, perjalanan 12 rider ekspedisi ditempuh dalam kondisi macet dan rusak. Secara umum, karakter jalan sangat bervariasi, mulai berkelok, menanjak terjal, permukaan rusak akibat genangan, mudah ditemui di Sumatera dan Jawa. Kelok sembilan di Padang, hingga terjalnya pegunungan Bromo, dengan total perjalanan 6.000 km, akhirnya diselesaikan dalam 16 hari.

Secara rata-rata, Verza 150 menghasilkan konsumsi BBM 56,6 km/liter, melampaui hasil pengukuran yang dilakukan perusahaan dengan metode ECE R40 yaitu 48 km/liter. Dalam touring, rombongan juga menguji ketangguhan tipe sepeda motor sport Honda lainnya yakni New Megapro FI, dan CB150 StreetFire.

General Manager Marketing Planning and Analysis Division PT Astra Honda Motor (AHM), Agustinus Indraputra mengatakan, hasil yang dicatat dalam kegiatan Ekspedisi Nusantara ini mencerminkan bahwa teknologi injeksi mampu memberikan penghematan konsumsi BBM yang sangat baik dalam berkendara sehari-hari di berbagai kondisi jalan.

”Teknologi PGM-FI Honda sudah lama dikenal hemat bahan bakar. Kali ini Verza 150 mampu membuktikannya. Kami semakin optimis model ini mampu memenuhi keinginan masyarakat yang membutuhkan sepeda motor sport handal hemat bahan bakar di segmen entry level,” katanya dalam rilis yang diterima KompasOtomotif (10/3/2014).

Ekspedisi Nusantara Satu Hati untuk Negeri yang telah berhasil menaklukkan Sumatera dan Jawa, bertolak ke pulau Kalimantan untuk menuntaskan touring dengan total jarak lebih dari 8.000 km
Read More

Vespa Primavera Dibanderol Rp 30,8 Juta

Jakarta, KompasOtomotif – PT Piaggio Indonesia (PI) akhirnya memasarkan Vespa Primavera, salah satu model yang populer dan menjadi ikon pada 1968. Saat itu, model ini menandai era pop culture yang dijadikan momentum kaum muda untuk lebih leluasa mengekspresikan kebebasan. Saat ini, sang ikon lahir kembali dengan muka modern.

Primavera baru mengadopsi sebagian gaya dan fitur teknis 946—model Vespa top, canggih, sekaligus mahal—hingga mewarisi ekslusivitasnya. ”Muda, inovatif, berkelas, dan dinamis adalah empat kata yang menggambarkan Primavera terbaru. Hal ini tercermin melalui desain, teknologi, dan warnanya,” ujar Marco Noto La Diega, Managing Director PI, dalam siaran pers (10/3/2014).

Dikatakan Marco, Primavera merupakan Vespa yang sangat modern, dirancang dengan keanggunan gaya eksklusif tanpa meninggalkan aspek kenyamanan. Tipe ini dilengkapi dual-bracket suspension link antara bodi dan mesin sebagai inovasi teknologi yang sanggup mengurangi vibrasi.
Nyaman dan EkslusifJok baru berfungsi meningkatkan kenyamanan, terutama ketika melewati jalan tidak rata. Panel instrumen didesian lebih modern. Dimensi keseluruhan mirip Vespa LX yang sukses di pasaran, namun dengan peningkatan pada beberapa spesifikasi fundamental untuk memenuhi kebutuhan.

Terdapat kompartemen depan yang dapat dikunci dengan ukuran lebih besar, serta ruang di bawah kursi cukup untuk dua helm. Mesinnya sendiri mengadopsi teknologi terbaru Vespa, tiga katup dengan sistem injeksi bahan bakar elektronik, diklaim konsumsi bahan bakar mencapai hingga 64 kpl pada kecepatan rata-rata 50 kpj.

Untuk pertama kalinya Primavera akan dipamerkan di Plaza Senayan pada 21-23 Maret mendatang. Model ini tersedia dalam lima pilihan warna, Nero Vulcano, Azzuro Marechiaro, Rosso Dragon, Monte Bianco, dan Blu Midnight, dipasarkan Rp 30,8 juta on the road Jakarta.
Read More

Protes Keras, Pemilik Hancurkan BMW M6 di Geneva Motor Show

Geneva, KompasOtomotif — Perhatian besar otomotif dunia kini masih tertuju ke Geneva Motor Show yang digelar pada 6-16 Maret 2014. Situasi itu ternyata juga dimanfaatkan pengusaha Italia, Pormoseni Hadi, untuk menarik perhatian masyarakat terhadap kekecewaannya kepada BMW. Dengan palu besar, Hadi tidak ragu menghancurkan mobil sport M6 di hadapan banyak orang di Geneva, Swiss.
Menurut pengakuan warga keturunan Iran itu, mobil yang ia beli memiliki banyak masalah teknis. Mulai dari getaran pada interior, suara mesin berisik, hingga bunyi seperti patahan saat memindahkan transmisi.
Pusat pelayanan BMW di Italia tidak mampu menyelesaikan kendala ini. Namun, Hadi belum menyerah. Surat keberatan yang menjelaskan seluruh kondisi mobil dikirimkan ke markas pusat BMW di Muenchen, Jerman. Namun ternyata itu belum cukup. Tidak ada balasan ataupun respons.
Dalam video yang diunggah ke Youtube, Hadi tanpa ragu melakukan aksinya dengan memecahkan kaca dan menghajar panel pintu setelah turun dari mobil. Mobil berkelir hitam itu punya banyak tempelan berisikan kata ejekan buat BMW. Ini merupakan aksi ekstrem yang kedua. Sebelumnya, bersama koleganya, Thomas Brunner, hal serupa dengan motif sama pernah dilakukan di Frankfurt Motor Show, September lalu.
Read More

Rabu, 23 Juli 2014

Daihatsu Benahi Luxio Demi Jaga Target

Lampung, KompasOtomotif – Kendati telah menyegarkan MPV semi bonet, Luxio, dengan konsep makin elegan, Astra Daihatsu Motor (ADM) menyatakan target tidak berubah, 500 unit per bulan, sama seperti edisi terdahulu. Menurut Rio Sanggau, Head Domestic Marketing Division ADM, sasaran itu lebih realistis di tengah kondisi pasar tahun ini.
“Kami putuskan untuk mempertahankan target Luxio, karena segmennya tidak berkembang," ujar Rio di sela test drive New Luxio, di Palembang, Sabtu (8/2/2014).
Menurut data penjualan 2013 dari Gaikindo yang diterima KompasOtomotif , unit Luxio (tipe D,M,X) tercatat turun dari target, pada November (276 unit) dan Desember (300 unit). Sepanjang tahun, pemasaran berada di kisaran 300-500 unit per bulan, total laku 5.656 unit. Sementara di Januari 2014, kembaran Gran Max itu hanya mampu mencapai penjualan 362 unit.
"Kami selalu ingin membuat produk kompetitif. Secara rutin kami terus melakukan survei, bagaimana positioning-nya," tambah Rio. Dijelaskan, dari 5 tolok ukur, Luxio kalah di 2 poin, yaitu desain dan kenyamanan. ADM pun berbenah, kini penampilan banyak dihiasi aksen krom, agar semakin menegaskan sasaran konsumen. Kenyamanan ditunjang tambahan fitur visual dan fungsional di dalam kabin. Penjualan juga kini lebih fokus, sebab tipe menengah “M” disisihkan, sekarang Luxio hanya tersedia dua tipe, D Rp 157,3 juta dan X Rp 175-182 juta.
"Targetnya tetap keluarga mapan. Tapi berbeda dengan Xenia, Luxio berada di atas. Memang harus dibedakan, agar tidak saling makan. Kanibalisasi pasti terjadi tidak bisa dihindari yang bisa dilakukan cuma meminimalisasi," tutup Rio.
Read More

Mobil "China" Tantang Kemapanan Produk Eropa

Genewa, KompasOtomotif - Produsen mobil asal China, Qoros Auto Company berani menantang rival dari Eropa sekelas Volkswagen, PSA/Peugeot-Citroen, dan prinsipal lain, langsung dari jantung pameran Geneva Auto Show. Upaya ini terbilang ambisius, tapi melihat apa yang ditawarkan Qoros peluang bersaing terbuka luas.

Qoros, merupakan perusahaan gabungan dari Chery Automobile Co dan Israel Corp (perusahaan gabungan yang berbasis di Tel Aviv). Kali ini menampilkan subkompak 3 untuk bersaing langsung dengan VW Golf atau Peugeot 308. Model tersebut merupakan pengembangan dari versi sedan yang sudah lebih dulu diperkenalkan. 

"Kami punya keuntungan besar karena memulai dari nol. Kami tidak punya warisan, tak ada belenggu, justru punya kemewahan melihat dunia mobil dengan mata segar," jelas Stefano Villanti, Kepala Penjualan dan Strategi Produk Qoros dilansir Bloomberg (6/3/2014).

Rencana ke depan Qoros akan melepas model lain bergenre Crossover. Setidaknya akan ada lima model yang dipasarkan untuk permulaan. Tahap awal, Qoros akan masuk ke Eropa melalui Slovakia. Perusahaan peneliti IHS Automotive memprediksi total penjualan merek China ini bisa mencapai 188.200 unit pada 2020, sementara tahun ini berkisar 34.000 unit saja.

"Kami nantinya akan melihat lebih banyak merek China masuk ke Eropa. Memang tidak akan terjadi banjir dalam semalam, tapi akan perlahan dan bertahap," jelas Tim Urquhart, analis dari IHS Automotive di London.

Slovakia dipilih Qoros karena negara ini belum punya merek lokal sehingga lebih terbuka terhadap pilihan. Densitas 324 unit mobil per 1.000 penduduk, menjadikan negara ini duduk diperingkat empat terendah dalam hal kepemilikan kendaraan di Eropa. Strategi ini terlihat menjanjikan, mencoba mencuri pangsa pasar di negara kecil baru kemudian menyebar ke tetangga berikutnya.

"Sangat masuk akal kalau mereka tidak langsung jualan di seluruh Eropa, itu hanya membakar semua keuangan perusahaan. Mereka mengambil langkah hati-hati dengan mencari pengalaman di Slovakia," beber Ferdinand Dudenhoeffer, Direktur Center for Automotive Research di Universitas Duisburg-Essen.
Qoros 3
Qoros 3 lebih panjang 90 mm ketimbang Golf, menawarkan tenaga 156 PS, juga lebih besar dari Golf. Di Slovakia, Qoros sudah memasarkan model sedan dengan banderol 20.960 euro (Rp 332,1 juta). Sedangkan VW Golf dipasarkan mulai 17.175 euro (Rp 272,9 juta) sementara Qoros 3 yang bersaing di segmen sama masih belum mengumumkan berapa banderolnya. 

"Strategi Qoros menembak di segmen terberat dan sangat ketat di Eropa. Sangat ambisius, mereka butuh kekuatan besar untuk bertahan," jelas Thomas Schiller, analis dari Deloitte di Munich, Jerman.

Di interior, Qoros menawarkan sistem infotaiment layar sentuh 8 inchi yang bisa terkoneksi dengan jaringan sosial dan booking servis di bengkel resmi. "Hubungan kami itu unik. Anak muda tidak mau kehilangan koneksinya dengan ponsel pintar mereka," jelas Volker Steinwascher, wakil CEO Qoros.

Desain
Desain mobil ini diciptakan di Munich dengan fasilitas rekayasa industri di Graz, Austria. Mereka bahkan mempekerjakan mantan petinggi dari VW dan BMW untuk menghasilkan produk apik. Semua produk diciptakan di bawah kendali Gert Hildebrand, mantan desainer BMW yang terlibat dalam pengembangan MINI sebelumnya. 

Rumah desain ini juga bekerjasama dengan Magna Steyr, perusahaan yang merakit Mini dan Mercedes-Benz di Jerman. "Kami mengembangkan mobil bersama Qoros untuk benar-benar jadi panutan. Mereka punya kesempatan sangat baik untuk menyukseskan model ini," jelas Karl-Friedrich Stracke, salah satu insinyur di Magna Steyr.

Bicara kualitas keamanan, Qoros sedan sudah mendapatkan pengakuan lima bintang berdasarkan uji EuroNCAP pada 2013.
Read More

Calon “Hatchback” Toyota Bermesin Skyactiv

Salamanca, KompasOtomotif – Modelhatchback terbaru Toyota mengalir darah Mazda. Hal ini terkuak dari pernyataan CEO Operasional Mazda Meksiko, Keishi Egawa, yang mengungkapkan rencana Toyota Motor Corp. melahirkan model terbaru bermesin Skyacvtiv yang sama dengan penerus Mazda2 di pabrik Mazda di Meksiko.
“Toyota membuat investasi pada model spesifik. Pencetakan dan beberapa desain interior dikerjakan mereka, tapi memakai mesin kami,” terang Egawa, seperti dilansir Automotive News, Kamis (6/3/2014). Unit pertama akan keluar di antara periode 1 April 2015 hingga 31 Maret 2016. Mazda menyisihkan 50.000 unit dari total 230.000 unit kapasitas pabrik per tahun untuk Toyota.
UntungKeuntungan ekonomis buat Mazda, bisa memaksimalkan kapasitas operasional di Meksiko. Sekaligus menjadi ajang promosi, sebab teknologi kebanggaan diakui oleh pabrikan lain. Sementara menggunakan mesin Mazda membantu Toyota memoles model subkompak yang telah ada, seperti Yaris.
Toyota sudah tidak asing menggunakan mesin dari manufaktur lain, walaupun memang sangat jarang. Merek Amerika Utara, Scion FR-S pernah menggunakan mesin dari Subaru, minivan Verso memakai mesin BMW AG, dan mobil sport Lexus LFA memakai mesin V10 milik Yamaha Motor Co.
Read More

Selasa, 22 Juli 2014

Gadis Cantik Geneva Motor Show 2014

Geneva, KompasOtomotif — Paras ayu nan jelita para sales promotion girl (SPG) tak bisa lepas dari pameran otomotif skala global, Geneva Motor Show Ke-84, yang digelar 4-16 Maret 2014. Sejak pertama kali digelar pada 1905, ajang tahunan ini selalu menjadi salah satu barometer perkembangan otomotif dunia, sekaligus adu eksistensi dan unjuk gigi produk, desain, inovasi, serta teknologi mutakhir seluruh peserta ekshibisi.
Lenggak-lenggok genit mereka jadi pemanis buat pewarta foto dan pengunjung yang datang memadati Geneva Palexpo Convention Centre, untuk menyaksikan lebih dari 30 mobil produksi anyar dan 10 model konsep dari seluruh peserta ekshibisi.
Berikut beberapa foto ladies hasil pantauan di Galeri Foto KompasOtomotif dari berbagai media yang langsung meliput ke lokasi. 
Read More

”Lady Biker” AS Lebih Pilih Naik Sepeda Motor daripada Spa

Los Angeles, KompasOtomotif – Kini semakin banyak wanita memilih naik sepeda motor sebagai pelepas stress akibat kesibukan sehari-hari. Dirilis Motorcycle Industry Council, Amerika Serikat, karena alasan itu, semakin banyak lady biker yang akhirnya membeli sepeda motor. Alhasil tingkat kepemilikan kendaraan roda dua naik perlahan, menjadi 12,5 persen dari 10,5 persen di 2009.

”Angka itu rekor, wanita butuh cara lain untuk rileks, lepas dan hilangkan stress yang berasal dari kesibukan. Ini sudah menjadi gaya hidup,” kata Genevieve Schmitt, Founder and EditorWomenRidersNow.com, majalah dan situs lady biker paling populer di Amrik.

Ditambahkan, para pembaca pernah menuturkan, naik sepeda motor membuat jiwa mereka serasa keluar di jalanan bebas hambatan, lalu mengisi ulang "baterai" mental untuk membantu menemukan kedamaian dan ketenangan.

Rileks
Salah satu wanita dalam penelitian tersebut adalah Jan Kane, 56 tahun, asal Scottsdale, Arizona. Dikatakan bahwa kesehariannya sangat sibuk, dan bersepeda motor membuatnya jauh lebih menyenangkan ketimbang spa. ”Merasakan angin yang menimpa wajah, pergi keluar merasakan alam, membuat kehidupan serasa pelan kembali dan rileks,” tegasnya.

Nara sumber lain, Ashly Holland, dari Livingstone, Montreal, mengatakan sudah bersepeda motor sejak tahun lalu. Dengan begitu, dirinya menemukan keseimbangan dalam hidup, yaitu kesehatan mental. Bahkan wanita 33 tahun itu sudah meninggalkan aktivitas body massage yang ternyata hanya berefek sementara.
Read More

Peugeot 308 Jadi Mobil Terbaik Eropa 2014

Geneva, KompasOtomotif — Pencarian mobil terbaik Eropa telah usai. Mobil berkebangsaan Perancis, Peugeot 308, akhirnya dinobatkan menjadi European Car Of the Year 2014. Ini mengejutkan, sebab model kompak itu menyingkirkan kontestan potensial lain, seperti produk premium Mercedes-Benz S Class dan mobil listrik Tesla Model S. Pengumuman penghargaan disampaikan di Geneva Motor Show 2014.
Peugeot 308 menyingkirkan 30 model lain yang berasal dari Amerika Utara, Korea, Eropa, dan Jepang. Seluruh model harus memenuhi syarat ketat. Salah satunya telah dipasarkan hingga kini atau sebelum tutup tahun 2013 di lima pasar Eropa. Seluruh model juga wajib mencetak angka penjualan setidaknya 5.000 unit per tahun. Artinya, menyisihkan banyak model mobil segmen sport dan supercar.
Sebanyak 22 dari total 58 juri memberikan nilai penuh buat 308, hasil keseluruhan 307 poin. Kesimpulan juri, desain elegan dan dinamis serta hasil pendekatan "diet" untuk mengurangi bobot kendaraan jadi pencapaian yang layak diberikan apresiasi tinggi. Di peringkat kedua, ada mobil ramah lingkungan BMW i3 dengan 223 poin, kemudian Tesla Model S 216 poin, Citroen C4 Picasso 182 poin, Mazda3 180 poin, Skoda Octavia 172 poin, dan terakhir Mercedes S-Class 170 poin.
Inilah model keempat dari Peugeot yang pernah mendapatkan gelar serupa, sebelumnya 307 dinobatkan pada 2012, 405 ketika 1988, dan 504 pada 1969. 
Read More

Teknologi Pintar Pengganti Spion Tengah

Yokohama, KompasOtomotif — Nissan akan memperkenalkan Smart Rearview Mirror, pelengkap fungsi cermin pada spion tengah, di Geneva Motor Show 2014. Selain diklaim mempunyai kemampuan melebihi fungsi konvensional, paket teknologi tersebut terdiri dari kamera 1,3 megapiksel dan layar LCD. Diharapkan teknologi baru ini bisa menambah aerodinamis kendaraan, khususnya model sport, untuk meniadakan kaca belakang sehingga atap bisa lebih landai. Teknologi ini siap disematkan pada mobil 2015, rencana awal dipasarkan lewat dealer resmi di Jepang sebagai peranti opsional. 
Beberapa kesulitan yang biasanya dialami pengemudi saat memantau kondisi belakang kendaraan yakni pandangan terhalang jok tengah, penumpang, dan pilar C. Pengamatan juga mungkin terganggu bila ukuran kaca belakang terlalu kecil (mobil sport atau kupe dengan atap belakang lebih rendah), permukaan kaca ditutupi embun, debu, ataupun terhalang cuaca, serta silau karena bias sinar matahari atau lampu belakang kendaraan lain.
Andy Palmer, Chief Planning Officer & Executive Vice President NMC, menjelaskan, kamera yang diletakkan di bagian belakang mobil berguna untuk memperbaiki visibilitas pengendara. Kinerja fitur ini meminimalisasi blindspot karenamenghasilkan pandangan lebih luas dan tidak dipengaruhi kondisi kabin.
“Tidak peduli seberapa tinggi penumpang di belakang atau bagaimana kondisi jalan. Smart Rearview Mirrormenawarkan kesempatan desain baru buat model yang akan datang, sebab menghasilkan altenatif pandangan lebih besar dibanding kaca belakang,” ujar Palmer dalam keterangan resminya di Newspress, pekan lalu.
BalapPalmer juga mengklaim bahwa inovasi ini bisa menciptakan bentuk mobil baru yang bisa memengaruhi aerodinamis. Teknologi tersebut akan digunakan pertama kali di mobil balap 24 jam Le Mans, ZEOD RC, serta beberapa mobil racikan Nismo.
Shoichi Miryatani, President Nismo, menjelaskan, fungsi teknologi seperti ini sangat dibutuhkan, terutama untuk rekayasa desain. Ia mengatakan, Nissan bisa segera masuk ke level motorsportbaru.
Read More

Yamaha Patenkan ”FJ-09”, Sport Tourer 3 Silinder?

Los Angeles, KompasOtomotif – Yamaha kembali ketahuan sedang mematenkan nama untuk produk baru. Dari berkas aplikasi yang masuk di United States Patent and Trademark Office—semacam badan pematenan nama dan merek di Amerika Serikat—tampak ada nama ”FJ-09”. Diduga, nama ini akan digunakan untuk sepeda motor sport touring berkonfigurasi mesin 3 silinder.

Dalam berkas, dicantumkan bahwa ”FJ-09” akan dipakai untuk sepeda motor, skuter, skuter roda tiga, dan komponen. Yamaha sudah pernah mengatakan bakal memproduksi lagi sepeda motor bermesin 3 silinder setelah model sport telanjang FZ-09 atau MT-09 di Eropa.

Sebelumnya, juga sudah pernah masuk pematenan nama YZF-R3 dan R3, yang menimbulkan spekulias model sportbike tiga silinder. Namun, jika dilihat dari kebiasaan pemakaian nama, angka ”3” bukan menjadi simbol jumlah silinder, tapi lebih ke arah kapasitas silinder. Inilah yang membuat dugaan ”FJ-09” akan menjadi model dengan mesin tiga silinder selanjutnya.

Sampai detik ini Yamaha masih memakai nama produk berkode FJ, bermula pada 1984 hingga 1996 dengan model FJ1100, lalu diikuti FJ1200. Yang masih eksis sampai saat ini adalah FJR1300 dengan model touring yang besar dan stabil untuk berkendara jarak jauh. Juga ada pernah menelurkan FJ600 atau XJ 600 di sejumlah pasar lain.

Andai benar, ”FJ-09” akan dimasukkan di bawah FJR1300A dan FJR1300ES sebagai jajaran sport-touring, dan bisa jadi menggantikan FZ1.
Read More

Senin, 21 Juli 2014

Ketegangan Rusia-Ukraina Mengkhawatirkan Prinsipal Otomotif

Geneva, KompasOtomotif - Para eksekutif dari beberapa prinsipal otomotif dunia, seperti Ford, General Motors, dan Renault mengaku terus mengikuti perkembangan yang terjadi atas memanasnya hubungan Rusia dengan Ukraina. Mereka masih mempelajari dampak apa yang bisa terjadi terhadap kondisi Rusia sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di Eropa.

Dengan total penjualan 2,78 juta unit mobil pada tahun lalu (2013), Rusia merupakan salah satu pasar penting bagi prinsipal. Sebagai perbandingan, tahun lalu penjualan di Jerman-pasar terbesar di Eropa-mencapai 2,95 juta unit dan di Inggris 2,26 juta unit.

Tidak Stabil
"Kondisi terakhir sangat tidak stabil dan kami terus memantau setiap perkembangannya. Kami belum mengambil keputusan apa-apa dalam jangka pendek, karena masih terlalu dini untuk menyimpulkan sesuatu," jelas Stephen Odell, Kepala Ford Eropa dilansir Autonews Europe (5/3/2014).

Ford memproduksi Focus dan Mondeo di pabrik St Petersburg, Rusia. Kerjasama juga tengah dijalin dengan pabrikan lokal, Sollers, untuk merakit EcoSport dan Edge mulai tahun ini. General Motors juga punya pabrik di St Petersburg dengan kapasitas 350.000 unit per tahun. 

"Kami juga terus memantau kondisi dan menyiapkan aksi yang perlu dilakukan. Ini merupakan pasar yang besar bagi kami," jelas Dan Amman, Presiden GM.

Kondisi Ekonomi
Renault dan Nissan tengah fokus meningkatkan penjualan negeri beruang merah, setelah berhasil membeli saham AvtoVAZ-produsen Lada-selaku produsen mobil terbesar di Rusia. Penjualan Renault naik 11 persen tahun lalu mencapai 210.099 unit. Kondisi ekonomi Rusia sudah mulai terpengaruh ketegangan politik itu, tercermin dari anjloknya nilai tukar Ruble ke level terendah sepanjang sejarah.

"Di Rusia kami punya ketertarikan ekonomi dan keuangan. Lokalisasi kami sangat tinggi, mendekati 80-85 persen. Jadi devaluasi bukan jadi masalah besar bagi kami, tapi masalah utamanya kondisi politik yang lagi memanas," beber Jerome Stoll, Chief Performance Officer Renault.

Total penjualan mobil di Rusia 2013 lalu turun 6 persen, menjadi hasil negatif pertama setelah tiga tahun sebelumnya terus tumbuh rata-rata 27 persen. Bahkan sebelum kondisi politik memanas, Asosiasi Bisnis Eropa yang berbasis di Moskwa, memprediksi total penjualan mobil tahun ini akan mencapai 2,73 juta unit.
Read More

Koenigsegg One:1, Calon Pemecah Rekor Mobil Tercepat

Angelholm, KompasOtomotif - Mobil eksotis edisi terbatas, Koenigsegg One:1, proses pengenalan dilaksanakan lebih cepat sebelum debut di Geneva Motor Show 2014. Manufaktur asal Swedia itu akhirnya merilis spesifikasi resmi sejak rumor kelahirannya merebak pada November 2012. Di atas kertas, mobil bertenaga 1.360 PS dengan bobot 1.360 kg ini siap mematahkan Guinness World Records kecepatan mobil produksi tercepat milik Bugatti Veyron pada 2010 atau Hennessey Venom yang baru saja mengukuhkan diri.
Perebutan siapa pemangku gelar mobil tercepat sejagat raya terus menjadi perhatian. Koenigsegg mengklaim, One:1 bisa digeber hingga 439.3 kpj, lebih cepat dari rekor Veyron  428 kpj dan 435,3 kpj oleh Venom. Lebih memukau lagi, dikatakan, 0-400 kpj bisa ditempuh sekitar 20 detik.
Selain keunggulan rasio berat dan tenaga, kemampuan itu didapat dari mesin yang lebih “kecil” dibanding dua kontestan lainnya. Mesin V8 5.0 liter turbo ganda dengan transmisi tiptonic 7-percepatan yang dilengkapi electronic rear differential untuk memaksimalkan putaran tenaga ke kedua ban belakang.
RinganMeski memakai basis yang sama, One:1 lebih ringan 20 persen dari supercar Koenigsegg sebelumnya, Agera. Kit aerodinamis selalu aktif membantu daya tekan bawah hingga 2G, sementara sayap belakang menghasilkan downforce hingga 610 kg. Piringan rem carbon-ceramicdi semua roda dipersenjatai enam kaliper piston, dikatakan, hanya butuh 10 detik membuat mobil berhenti sempurna dari 400 kpj.
Sebagian besar kokpit menggunakan serat karbon, termasuk jok bucket yang dilapisi Alcantara. Meski statusnya mobil sirkuit, masih ada sistem entertainment buat penumpang. Selain buat hiburan, fitur GPS pada layar monitor juga bisa digunakan untuk program sistem “Predictive Active Track Mode” yang bisa dioperasikan saat dipacu di trek.
Secara teori, One:1 akan menjadi pesaing serius buat McLaren P1, Ferrari LaFerrari, dan Porsche 918 Spyder. Koenigsegg hanya akan membuat 6 unit, sayangnya semua unit telah sold out dan jadi warga negara China.
Read More

Toyota Indonesia Siap Ekspor Yaris 1.5L

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah memastikan diri menjadi basis produksi All New Yaris, Toyota Indonesia juga siap mengekspor secara utuh. Dari data yang diperolehKompasOtomotif, tahun ini Toyota Indonesia mengalokasikan 534 unit Yaris untuk di kirim ke Brunei, Malaysia, dan Singapura. 

Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, kapasitas produksi Yaris ditetapkan 2.000 unit per bulan. Tapi, jumlah produksi masih bisa dinaikkan sampai 30 persen menyesuaikan permintaan pasar nantinya.

"Kalau dari rencana produksi itu (2.000 unit per bulan) 90-95 persen akan disiapkan untuk memasok kebutuhan domestik, karena memang sudah agak lama Yaris tidak dipasarkan, jadi animonya cukup menumpuk," jelas Warih di Jakarta Selatan, Senin (10/3/2014).

Thailand
Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) menambahkan, ditunjuknya Indonesia sebagai basis ekspor Yaris 1.5L, otomatis akan berbagi dengan Thailand. Saat ini Negara Gajah Putih tersebut menjadi basis produksi untuk varian bermesin 1.2L seiring bergulirnya program Eco Car.

Artinya, Indonesia dan Thailand nantinya akan saling berebut pasar untuk Yaris 1,2 dan 1,5 liter di Asia Tenggara. "Bukan persaingan, kita saling mendukung satu sama lain. Kami akan fokus ke domestik dulu baru ekspor kemudian," tukas Johnny.

Selain Yaris, Indonesia juga sudah ditunjuk sebagai basis produksi Vios. Dalam waktu dekat, Vios juga siap diekspor ke sejumlah negara. Akhir bulan ini, Toyota akan mengumumkan rencana ekspor perdana Vios ke sejumlah negara tetangga ASEAN.
Read More

Model Kolaborasi Mercedes-Infiniti Semakin Dekat

Geneva, KompasOtomotif – Mercedes-Benz dan Infiniti dilaporkan semakin dekat dengan persetujuan kerjasama untuk mengembangkan dan memproduksi mobil kompak. Keuntungan yang bakal diperoleh adalah penekanan biaya produksi dan usaha ekspansi.

Bocoran ini disampaikan seorang sumber dekat Nissan-Renault yang tak mau disebut namanya, saat berlangsungnya Geneva Motor Show 2014. Simbiosis akan terjadi di sini, karena Daimler ingin berekspansi lebih besar ke Amerika Utara, memanfaatkan jaringan dan pabrik Nissan-Renault. Sebaliknya, Infiniti ingin menambah jajaran produk kompak untuk mendongkrak volume.

Premium Kompak
Sumber juga mengungkap, mobil premium baru berukuran kompak akan muncul dengan merek Infiniti, dikembangkan dari SUV Mercedes-Benz GLA Class yang saat ini disebut-sebut sebagai SUV termurah produsen Jerman.

”Banyak orang berargumen bahwa kami harus melakukan negosiasi dengan Daimler, karena mereka akan lebih banyak menjual mobil dari platform baru ini. Namun, memang itulah yang akan didapat jika aliansi berjalan sukses,” kata seorang eksekutif Nissan-Renault dikutip Reuters(6/3/2014).

Dua sumber di atas sama-sama mengatakan, meski Mercedes akan lebih banyak menjual produk hasil kerjasama, namun investasi untuk ini tetap akan dibagi dua. Produksi akan memanfaatkan dua pabrik Nissan di dekat Guadalajara, Meksiko, yang baru saja dibuka November 2013 lalu dengan kapasitas produksi mencapai 175.000 unit.
Read More

Banderol Pajero Sport Bensin hanya Sementara

Jakarta, KompasOtomotif - Mitsubishi Indonesia baru saja meluncurkan varian baru, Pajero Sport V6, bermesin bensin 3,0 liter, dengan banderol Rp 481 juta on the road Jakarta. Ternyata, banderol ini masih menggunakan acuan Pajak Bea Balik Nama (BBN) 2013.

"Biasanya pemda baru mengeluarkan acuan BBN baru (2014) itu April. Tahun ini sepertinya kalau pun naik hanya 5 persen," jelas Duljatmono, Operating GM Marketing Division MMC PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), di Plaza Senayan, Jakarta Selatan (7/3/2014).

Dengan begitu, maka kenaikan harga yang terjadi bulan depan (April) diperkirakan mencapai Rp 24 juta. 

Target
Mitsubishi Pajero Sport V6 ditargetkan mampu ikut menopang penjualan tahun ini, dengan menyumbang 1.800 unit setahun. Tahun lalu, total penjualan semua varian SUV menengah ini mencapai 13.500 unit.

Penjualan Pajero Sport dibagi menjadi dua kelompok, 4x2 dengan rata-rata penjualan 1.000 unit per bulan dan menguasai pangsa pasar 24 persen. Sedangkan kelompok 4x4 rata-rata terjual 150 unit per bulan dengan penguasaan pangsa 49 persen.

"Kami targetkan Pajero Sport bensin 150 unit per bulan," tutup Duljatmono.
Read More

Ingin Aki Motor Awet? Stabilkan Sistem Pengisian

Bekasi, KompasOtomotif – Ternyata, usia pakai aki sepeda motor tak hanya bergantung pada pemakaian dan perawatan. Sistem pengisian atau suplai listrik ke aki juga menjadi faktor penentu. Ini berbeda dengan mobil yang rata-rata sudah menggunakan regulator canggih dan alternator besar, sehingga pengisian aki jauh lebih stabil.

Jari Hermanyanto, Mechanic in Chief DMS motor, bengkel spesialis kelistrikan dan efisiensi sepeda motor di Jati Asih, Bekasi, mengatakan bahwa sistem pengisian harus diperiksa sesekali. ”Usia pakai aki juga tergantung pada kestabilan pengisian,” jelasnya. Kepada KompasOtomotif, (5/3/2014).

Dijelaskan, pada saat mesin hidup, kumparan atau biasa disebut spul akan menghasilkan listrik yang dikontrol oleh regulator. Listrik inilah yang akan mengisi aki. Besarnya pengisian ke aki harus pas, tidak boleh kurang, juga tidak boleh berlebih.

Jika pengisian kurang dari kebutuhan, listrik di aki akan habis alias tekor. Sebaliknya jika berlebih, aki akan mendapat tekanan terlalu banyak, biasanya akan menggembung dan tentu saja rusak.

PerumpamaanAki ibarat ember berisi air dengan keran di atasnya. Lalu air itu digunakan untuk mandi. Orang yang mandi diumpamakan peranti kelistrikan seperti starter, lampu, klakson dan sebagainya. Sedangkan keran diibaratkan sebagai regulator.

Saat air dipakai untuk mandi, keran harus menyuplai air untuk menjaga ember tetap penuh. Saat air tidak digunakan, maka keran harus dikecilkan alirannya. Jika keran tidak mengalirkan air dengan cukup saat ada orang mandi, air di ember akan habis. Begitu pula sebaliknya jika kucuran air berlebih sementara penggunaan tidak ada, maka air akan meluap.

”Begitu seterusnya selama sepeda motor digunakan. Jika menyalakan lampu atau membunyikan klakson saat mesin mati, artinya keran juga tidak menyuplai air, dan air di ember akan berkurang,” beber Jari detail.

Volt MeterUntuk memastikan pengisian aki sesuai, paling tepat menggunakan ampere meter. Namun cara paling mudah, mengecek tegangannya dengan volt meter. Alat ini ini bisa menjadi multitester biasa yang banyak tersedia di pasaran, atau ada pula volt meter sebagai aksesoris motor.

Saat mesin mati, tegangan di aki yang sehat sekitar 12,3 – 12,6 Volt. Saat mesin hidup, tegangan akan naik maksimal 14,2 Volt. Jika lebih dari itu, maka pengisian berlebih dan akan memperpendek umur aki.

Saat listrik digunakan, misalnya lampu rem, klakson dan sein hidup, tegangan aki minimal adalah tegangan saat mesin mati. Jadi tidak boleh kurang dari 12,3 V. Kalau kurang, berarti aki tekor, artinya listrik di aki akan cepat habis dan rusak. ”Jika aki rusak dalam kurun waktu kurang dari setahun, pemeriksaan sistem pengisian harus dilakukan sebelum mengganti aki baru,” tutup Jari.
Read More

Tujuh Layanan Servis Topang Avanzanation Journey 2014

Semarang, KompasOtomotif - Tergabung dalam tim Avanzanation Journey 2014 wilayah Indonesia Tengah, KompasOtomotif tidak khawatir melibas ribuan kilometer suguhan 15 kota berbeda yang disinggahi, dari Kalimantan Tengah (Pontianak) sampai Jakarta. Karena Toyota  sudah menyiapkan layanan utama untuk menopang perjalanan bersejarah ini.

Selain sebagai bentuk komitmen Toyota terhadap konsumen Indonesia, layanan tersebut menjadi "penjaga" rombongan hingga tujuan. Meskipun layanan tersebut pada akhirnya tidak digunakan tim untuk melakukan perbaikan. Unsur paket mobil yang mumpuni dan tahan banting jadi jurus jitu untuk menyelesaikan misi Avanzanation Journey 2014.

Berikut ragam layanan servis yang diberikan Toyota untuk konsumen di Tanah Air.

1. Remote Service Point
Sebagai pelengkap jaringan bengkel resmi yang sudah luas, Toyota menambah pula dengan titik servis (service point) di lokasi-lokasi pedalaman/pelosok yang belum terjangkau bengkel resmi. Sehingga pelanggan di daerah-daerah terpencil bisa servis dengan mudah, dengan kualitas dan garansi sesuai standar Toyota.

2. Express Maintenance
Layanan ini dimanfaatkan karena punya standar pengerjaan servis lebih cepat ketimbang metode standar. Dikerjakan langsung oleh dua mekanik sekaligus sehingga memangkas waktu servis, tapi tetap mempertahankan hasil kualitas standar Toyota. Bagi konsumen yang punya waktu singkat, bisa menikmati layanan ini karena bisa memanfaatkan waktu lebih efektif, efisien, tanpa menunggu lebih lama. 
3. 24-Hour Service
Di beberapa wilayah tertentu, Toyota juga menyiagakan layanan bengkel 24 jam, tanpa mengurangi kualitas servis sesuai standar Toyota. Pelanggan yang lebih nyaman servis malam, menghindari jam ramai, atau memang cenderung beraktivitas setelah petang bisa memanfaatkan layanan ini. Bagi yang berpergian jauh seperti tim Avanzanaton Journey 2014, tidak khawatir harus kesulitan mencari bengkel karena tersedia layanan 24 jam.

4. Layanan Home Service
Layanan ini disiapkan untuk pelanggan yang tidak punya waktu pergi ke bengkel untuk servis mobilnya. Layanan siap datang ke rumah atau kantor untuk memberikan layanan setara, sesuai standar Toyota. Selain menghemat waktu dan tenaga, pelanggan bisa melakukan aktivitas lain yang tidak kalah penting.

5. Emergency Road Assistance (ERA)
Dalam situasi darurat, konsumen Toyota tidak perlu bingung minta bantuan ke mana. LayananEmergency Road Assistance (ERA) menyediakan layanan darurat yang menyediakan jasa derek, jumper aki, bensin habis, atau kunci tertinggal di dalam. Untuk bisa menikmati layanan ini, pastikan dulu ke "dealer" terdekat dengan tempat tinggal Anda masing-masing.

6. Body & Paint Workshop
Berinteraksi di jalan sangat rentan tergores, terbentur, atau terkelupas, mengakibatkan lapisan cat rusak. Bahkan, dalam beberapa kasus, kerap terjadi kecelakaan yang mengakibatkan mobil rusak. Untuk mengembalikan kendaraan Anda jadi prima, cukup datang ke bengkel Toyota Body & Paint. Di tempat ini, disiapkan suku cadang, peralatan, material, cat, dan teknisi yang berkualitas dengan standar sertifikasi Toyota. Jaminan dan kualitas dipastikan terjaga maksimal!

7. Toyota Genuine Parts (TGP)
Layanan terakhir yang disiapkan, adalah ketersediaan suku cadang asli atau (Toyota Genuine Parts) yang tersedia di seluruh jaringan Toyota di Indonesia. Suku cadang yang siap ketika pelanggan membutuhkan, waktu, dan proses pengerjaan menjadi poin mendasar bagi menjaga kepuasan pelanggan.

Ketujuh fasilitas aftersales service ini hadir dari Sabang hingga Merauke. Khusus wilayah yang dilintasi tim Avanzanation Journey 2014 wilayah Indonesia Tengah, aftersales service ini di-supportoleh Auto2000 dan New Ratna Motor (Grup Nasmoco).
Read More

Minggu, 20 Juli 2014

"Nyawa" GT-R Merasuki Infiniti Q50 Eau Rouge

Geneva, KompasOtomotif - Saat diperkenalkan pertama kali di Detroit Motor Show, 13 Januari lalu, Infiniti tidak mengupas spesifikasi mesin yang diusung mobil konsep Q50 Eau Rouge. Namun di ajang Geneva Motor Show, pabrikan premium milik Nissan itu akhirnya mengungkapkan, jantung pacu mobil sport yang terinspirasi dari F1 tersebut yang memakai mesin V6, 3.8 liter, dan turbo ganda yang sama dengan Nissan GT-R.
Saat pengenalan, Infiniti menjelaskan tenaga puncak mencapai 567 PS dan torsi 600 Nm, bertransmisi 7-percepatan, gerak semua roda, dan bisa melesat 0-100 kpj di bawah 4 detik. Kemampuan itu lebih besar 15 PS dan 27 Nm dari varian standar Godzilla (julukan GT-R).
“Dibangun dari respons positif sejak pengenalan di Detroit, kami memutuskan untuk memuaskan fans sedan performa dengan menyematkan jantung perkasa di dalam ‘monster merah’ kami,” ujar Presiden Infiniti, Johan de Nysschen, dalam pernyataan resminya, Selasa (4/3/2014).
ProduksiSayangnya, kini tidak ada lagi sinyal lampu hijau buat versi produksi. Januari lalu, Nysschen pernah menyebutkan model ini akan menjadi kenyataan, tapi ternyata masih tetap galau soal pilihan mesin. “Sudah jelas, pasar sekarang menginginkan kategori mesin 4-silinder,” ungkapnya Agustus lalu kepada WardsAuto.
Kyle Bazemore, Infiniti Communication Manager menambahkan, pilihan mesin tidak hanya kepunyaan GT-R. Diesel dan hibrida listrik juga masuk dalam hitungan. “Ini adalah solusi jelas buat mobil konsep ini,” terang Bazemore kepada Autoblog, Selasa (4/3/2014). Selain sistem penggerak, sebagian besar identik dengan penampilannya di Detroit. 
Read More

Evolusi Kabin MPV dengan Warna Segar

Jakarta, KompasOtomotif — Tahun ini (2014) PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menaikkan kelas beberapa produk demi kenyamanan pengguna, tak terkecuali MPV, Nissan Evalia. Mobil serbaguna tujuh penumpang ini pun semakin mewah dan nyaman, membuat levelnya tak bisa sekadar disebut sebagai Low MPV.

Bahkan, dalam peluncuran wajah baru Nissan Evalia, Februari lalu, Vice President Director National Sales and Marketing NMI, Yoshiya Horigome, mengatakan bahwa positioning mobil ini mulai diangkat mengisi segmen medium MPV. ”Kami berada di tengah-tengah, bisa menjangkau yang di bawah juga bisa yang di atas,” begitu ucapnya.

Alhasil, Evalia berevolusi semakin mewah. Tak banyak perubahan pada eksterior karena fokus utama adalah menambah kenyamanan di dalam kabin. Bahkan, untuk bagian ini, Horigome melontarkan pesan bahwa kendaraan keluarga saat ini bukan hanya sekadar alat transportasi, melainkan juga tempat anggota keluarga berkumpul, bercengkerama, dan berbagi momen bahagia.
Itulah alasan kuat NMI mengubah nuansa warna kabin yang di versi sebelumnya hitam menjadi two tone, sebagian besar beige atau krem. Warna baru ini kini terdapat pada sebagian dashboard, langit-langit, trim pintu, jok, hingga bagian bawah seperti karpet. Kesan ketika duduk di dalamnya jauh lebih mewah, lembut, segar, dan lapang.

Permintaan konsumenDengan begini, seperti yang dikatakan Horigome, perubahan pada interior Evalia memberikan kesan estetika tersendiri dibandingkan dengan model sebelumnya. Hal tersebut dilakukan berdasarkan masukan dari pelanggan untuk menjadikan MPV ini menjadi lebih nyaman dan disukai.

Sama seperti ilmu desain interior, pemilihan warna terang untuk kabin demi menampilkan kesan luas. Khusus untuk beige, krem, kuning gading, kesan yang timbul adalah inviting atau mengundang penumpang untuk tetap berada di dalamnya dan merasa ”sejuk”. Sebaliknya, warna gelap akan membuat kabin berkesan lebih sempit tapi tetap cozy
Read More

Paket Rem buat Subaru BRZ Modif

Bandung, KompasOtomotif - Rem merupakan salah satu komponen vital di mobil. Peranti pengurang laju ini tentunya sudah disesuaikan dengan performa dan bobot mesin. Nah, bagi pemilik mobil yang sudah melakukan modifikasi pada mesin sehingga tenaga meningkat drastis, sistem rem juga harus disesuaikan kemampuannya.

Apalagi bagi pemilik Subaru BRZ yang sudah pasti "gatal" mau meningkatkan daya mesin agar makin "ngacir". Nah, supaya laju mobil bisa dikurangi dengan baik dan makin pakem, SS Performance Shop punya sistem rem kompetisi yang mumpuni. Paket produk Alcon yang ditawarkan meliputi piringan dengan diameter 360 mm, kaliper 4 pod, dan selang rem.

Informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke SS Performance di Jl. WR Supratman No. 40, Bandung, 40121, telepon (022) 7278335, atau kunjungi laman www.ssperformanceshop.com.
Read More

Melesat bersama Mitsubishi Strada Triton Hi-Power

Medan, KompasOtomotif - Krama Yudha Tiga Berlian Motors, menghadirkan varian terbaru di segmen pikap, Strada Triton Hi-Power. Sebagai varian tertinggi, pikap kabin ganda tersebut diberikan tenaga lebih sebagai pembeda. 

Mesin diesel DI-D berkapasitas 2.5L yang berada di balik kap dipasangi Variable Geometry Turbo (VGT). Fungsinya untuk memaksimalkan kerja turbin supaya torsi dan tenaga di setiap putaran makin berlimpah. Kelengkapan tersebut berhasil menambah daya menjadi 178 PS atau naik 42 PS dari versi sebelumnya.

Singkat
Perbedaan tersebut yang membuat KompasOtomotif penasaran merasakan semburan tenaga dan torsi. Usai peluncuran Triton Hi-Power di hadapan publik, ada sesi uji coba singkat yang digelar di Cemara Asri, Medan, Sumatera Utara, akhir pekan lalu. Penyelenggara menyediakan lintasan khusus akselerasi dengan permukaan tanah. 

Saat masuk kabin, terlihat varian yang akan dicoba bertransmisi otomatis. Muncul sedikit rasa kecewa karena sensasi eksplorasi tenaga bisa jadi sedikit berkurang. Apa mau dikata, panitia hanya menyediakan varian tersebut. Setelah melakukan penyesuaian posisi mengemudi yang pas, pikap andalan KTB ini langsung diarahkan ke area pengujian, tak jauh dari lokasi tenda utama (tempat prosesi peluncuran berlangsung).

Meski hanya berjarak sekitar 400 meter, kesempatan tersebut bisa digunakan untuk mencobashift on fly, fitur pelengkap sistem gerak empat roda Strada Triton. Selama kecepatan di bawah 100 kpj, memindahkan sistem gerak dari 2H ke 4H atau sebaliknya, cukup memindahkan tuas ke posisi sesuai petunjuk. Informasi penggunaan sistem gerak bisa dilihat pada petunjuk yang ada di panel meter.

Pajero Sport Dakkar
Saat berada di lokasi pengetesan dengan lintasan sekitar 500 m, sistem gerak disetel di 2H (gerak roda belakang). Posisi tuas persneling di D, dan pedal gas langsung dibejek hingga mentok. Proses akselerasi dari posisi diam tidak begitu "galak", maklum menggunakan transmisi otomatis. Begitu rpm meninggi (di atas 2.000 rpm) akselerasi jadi menggila dan mobil melesat dengan cepat. Sekilas karakternya mirip dengan Pajero Sport Dakar karena memakai mesin yang sama. Bedanya, karena bobot lebih ringan maka dirasakan akselerasi lebih cepat.

Begitu sampai di ujung, laju diperlambat karena harus putar balik. Waktu yang tepat untuk merasakan torsi. Begitu berbelok dengan kecepatan rendah (di bawah 20 kpj), pedal gas kembali ditekan hingga mentok. Hasilnya, muntahan torsi yang besar membuat bagian belakang bergeser seperti nge-drift. Artinya, torsi cukup besar, plus bagian belakang cukup ringan dengan kondisi bak kosong.

Kesempatan kedua dipakai untuk mencoba sistem gerak 4 roda. Kendati porsi tenaga dibagi untuk keempat roda, namun akselerasi yang dihasilkan tidak jauh berbeda.
Read More