Rabu, 23 Juli 2014

Mobil "China" Tantang Kemapanan Produk Eropa

// // Leave a Comment
Genewa, KompasOtomotif - Produsen mobil asal China, Qoros Auto Company berani menantang rival dari Eropa sekelas Volkswagen, PSA/Peugeot-Citroen, dan prinsipal lain, langsung dari jantung pameran Geneva Auto Show. Upaya ini terbilang ambisius, tapi melihat apa yang ditawarkan Qoros peluang bersaing terbuka luas.

Qoros, merupakan perusahaan gabungan dari Chery Automobile Co dan Israel Corp (perusahaan gabungan yang berbasis di Tel Aviv). Kali ini menampilkan subkompak 3 untuk bersaing langsung dengan VW Golf atau Peugeot 308. Model tersebut merupakan pengembangan dari versi sedan yang sudah lebih dulu diperkenalkan. 

"Kami punya keuntungan besar karena memulai dari nol. Kami tidak punya warisan, tak ada belenggu, justru punya kemewahan melihat dunia mobil dengan mata segar," jelas Stefano Villanti, Kepala Penjualan dan Strategi Produk Qoros dilansir Bloomberg (6/3/2014).

Rencana ke depan Qoros akan melepas model lain bergenre Crossover. Setidaknya akan ada lima model yang dipasarkan untuk permulaan. Tahap awal, Qoros akan masuk ke Eropa melalui Slovakia. Perusahaan peneliti IHS Automotive memprediksi total penjualan merek China ini bisa mencapai 188.200 unit pada 2020, sementara tahun ini berkisar 34.000 unit saja.

"Kami nantinya akan melihat lebih banyak merek China masuk ke Eropa. Memang tidak akan terjadi banjir dalam semalam, tapi akan perlahan dan bertahap," jelas Tim Urquhart, analis dari IHS Automotive di London.

Slovakia dipilih Qoros karena negara ini belum punya merek lokal sehingga lebih terbuka terhadap pilihan. Densitas 324 unit mobil per 1.000 penduduk, menjadikan negara ini duduk diperingkat empat terendah dalam hal kepemilikan kendaraan di Eropa. Strategi ini terlihat menjanjikan, mencoba mencuri pangsa pasar di negara kecil baru kemudian menyebar ke tetangga berikutnya.

"Sangat masuk akal kalau mereka tidak langsung jualan di seluruh Eropa, itu hanya membakar semua keuangan perusahaan. Mereka mengambil langkah hati-hati dengan mencari pengalaman di Slovakia," beber Ferdinand Dudenhoeffer, Direktur Center for Automotive Research di Universitas Duisburg-Essen.
Qoros 3
Qoros 3 lebih panjang 90 mm ketimbang Golf, menawarkan tenaga 156 PS, juga lebih besar dari Golf. Di Slovakia, Qoros sudah memasarkan model sedan dengan banderol 20.960 euro (Rp 332,1 juta). Sedangkan VW Golf dipasarkan mulai 17.175 euro (Rp 272,9 juta) sementara Qoros 3 yang bersaing di segmen sama masih belum mengumumkan berapa banderolnya. 

"Strategi Qoros menembak di segmen terberat dan sangat ketat di Eropa. Sangat ambisius, mereka butuh kekuatan besar untuk bertahan," jelas Thomas Schiller, analis dari Deloitte di Munich, Jerman.

Di interior, Qoros menawarkan sistem infotaiment layar sentuh 8 inchi yang bisa terkoneksi dengan jaringan sosial dan booking servis di bengkel resmi. "Hubungan kami itu unik. Anak muda tidak mau kehilangan koneksinya dengan ponsel pintar mereka," jelas Volker Steinwascher, wakil CEO Qoros.

Desain
Desain mobil ini diciptakan di Munich dengan fasilitas rekayasa industri di Graz, Austria. Mereka bahkan mempekerjakan mantan petinggi dari VW dan BMW untuk menghasilkan produk apik. Semua produk diciptakan di bawah kendali Gert Hildebrand, mantan desainer BMW yang terlibat dalam pengembangan MINI sebelumnya. 

Rumah desain ini juga bekerjasama dengan Magna Steyr, perusahaan yang merakit Mini dan Mercedes-Benz di Jerman. "Kami mengembangkan mobil bersama Qoros untuk benar-benar jadi panutan. Mereka punya kesempatan sangat baik untuk menyukseskan model ini," jelas Karl-Friedrich Stracke, salah satu insinyur di Magna Steyr.

Bicara kualitas keamanan, Qoros sedan sudah mendapatkan pengakuan lima bintang berdasarkan uji EuroNCAP pada 2013.

0 komentar:

Poskan Komentar